Kamis, 17 Desember 2015

PASANG CHARGER HP DI MOTOR

berawal dari sering touring dan kehabisan batre HP dijalan. berkali-kali beli power bank tapi busuk semua. akhirnya cari cara yang praktis dan nggak nyusahin. pasang charger mobil do motor. yoi..kali ini saya bakal share cara pasang charger hp di motor om... caranya gampang. cukup modal 30ribu perak. oke langsung saja.
1. pertama
beli lighter mobil di toko elektronik atau toko aksesoris mobil. murah. nggak nyampe 20ribu.
2. siapkan alat dan bahan. kabel paling nggak 3 meter, kabel merah untuk positif, kabel kuning untuk negatif. dudukan sikring beli di toko sparepart mobil 5 ribuan. sikring terserah, sesuaikan aja sama sikering lampu utama. bahan terakhir saklar.
3. bongkar body motor agan. kebetulan ini motor saya.

4. potong kabel merah kurang lebih 30cm. sambungkan kabel merah langsung ke accu. kenapa langsung?. biar nggak ribet,..haha,..selain itu tentu saja biar nggak membebani sikring lain. jadi ada baiknya bikin jalur baru.

5. setelah itu sambungkan ke salah satu kabel sikring.

6. sambung ujung sikring yang lain dengan sisa kabel merah. kemudian urut kabel dan letakkan di tempat yang dikehendaki untuk meletakkan lighter. bisa di bawah jok, atau bisa di stang motor. tapi kalo di stang motor jangan lupa bikin karet penutup lighternya ya biar nggak kemasukan air hujan dan nggak cepet karatan pake karet bekas sendal jepit juga nggak apa-apa yang penting nutup..haha

selanjutnya kabel merah di sambung ke saklar. ingat sasis motor mengandung listrik negatif, jangan sampai bersinggungan. ada baiknya letakkan di bagian bodi. setelah kabel merah nyambung ke saklar. sambung lagi kabel ke lighter, sambung ke ujung lighter. sementara yang kuning sebagai kutub negatif cukup sambungkan ke besi sasis.

selesai. saatnya di coba.


perlu di ingat, charger mobil kualitasnya berbeda-beda. makin mahal makin terjamin kualitasnya. dalam arti, meskipun arus yang dikeluarkan sama-sama 5v tapi hasil pengisiannya jauh berbeda. saya pernah mencoba. pertama kali beli charger mobil seharga 15 ribuan. meskipun indikator batre HP menunjukan penuh, tapi nyatanya HP baru dipake beberapa menit sudah habis lagi. mungkin ini juga dikarenakan output accu NMP yang kecil. oleh karena itu gunakan charger mobil yang bagus. atau mungkin ada master elektronik yang bisa memperbesar output accu biar maksimal masuk ke charger?. monggoh ditambahkan...hehe

tag : cas hp di motor, pasang charger hp di motor, pasang cas hp di motor




Tidak ada komentar:

Posting Komentar