Kamis, 24 Desember 2015

JALUR REL GANDA PURWOKERTO-KROYA MULAI DIGARAP

doubel track?. opo kui om?. yaaa...double track aja lah pokoknya. sebelumnya, PT KAI telah menyelesaikan proyek double track dari stasiun purwokerto ke cirebon. nah, sekarang proyek double track sedang dimulai lagi. asalnya saya sempet bingung. di pinggiran rel ada potongan-potongan kain di tata sepanjang rel. tak kira iki opo toh, mau bikin pengusir hewan kah?..haha. lha jebul, di tumiyang (jangan tanya tumiyang itu apa) lereng-lereng mulai di keruk. tanda ada proyek, ternyata benar. lagi ada proyek
double track dari purwokerto-kroya. wah tambah rame lagi dong jalur keretane ntar?. yo jelas brooo, keretane bakalan sliwar sliwer. palang pintu bakal lebih sering ditutup. wah, njur mangkat kerja harus lebih gasik kiyee.haha.
berikut kutipan dari web dinhubkominfo.

PURWOKERTO – Jalur double track (rel ganda) dengan medan tersulit antara Purwokerto – Kroya mulai dikerjakan. Proyek rel ganda ini menjadi pengerjaan paling sulit karena harus menembus bukit dengan membangun terowongan yang cukup panjang serta dua jembatan yang menyeberangi Sungai serayu dan Sungai Logawa.
Manager Humas Daop V Purwokerto, Surono mengatakan, pengerjaan double track Purwokerto-Sumpiuh dilakukan oleh kontraktor dalam negeri dengan penanggungjawab dari Satuan Kerja Cirebon-Kroya (Satker Cikro) Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.
“Akhir tahun 2015 ini rel ganda koridor Purwokerto-Kroya mulai dikerjakan. Pengerjaannya ditargetkan satu tahun selesai, tetapi mengingat medan yang cukup berat, jika belum selesai maka waktu pengerjaannya akan diperpanjang,”terangnya, Minggu (22/11).
Pengerjaan dilakukan secara bertahap dan tahap pertama dikerjakan mulai dari jalur antara Desa Kedungwuluh hingga Desa Notog, Kecamatan Patikraja. Jalur tersebut merupakan medan yang tidak terlalu sulit. Setelah Desa Notog, maka pembangunan jalur double track ini harus menembus terowongan di perbukitan Desa Notog.
Menurut Surono, dari seluruh proyek double track jalur KA di jalur selatan, jalur Purwokerto-Kroya merupakan proyek yang paling akhir dikerjakan. Sedangkan proyek rel ganda lain yang menjadi tanggung jawab Satker Cikro ini, yakni mulai dari Stasiun Purwokerto hingga Cirebon, sudah selesai dikerjakan seluruhnya.
Kroya-Kutoarjo
Setelah pembangunan double track Purwokerto-Kroya, selanjutnya akan dikerjakan double track antara Kroya – Kutoarjo. Kemungkinan tahun 2016 pengerjaan double track Kroya-Kutoarjo mulai dilakukan.
“Bila pengerjaan jalur ganda Purwokerto-Kroya dan Kroya-Kutoarjo sudah selesai , maka waktu tempuh perjalanan kereta api (KA) dari Solo ke Jakarta bisa lebih cepat lagi antara 1-2 jam dari waktu tempuh sekarang,”jelasnya.
Surono menyebutkan, kebutuhan rel ganda di wilayah Daop V sudah cukup mendesak, karena frekuensi perjalanan KA cukup tinggi. Mulai dari KA penumpang hingga KA barang, angkutan BBM dan angkutan semen. (Wawasan)

pic from : http://sitoneizer.blogspot.co.id/2015/12/jalur-rel-ganda-purwokerto-kroya-digarap.html

 sayangnya proyek ini berbarengan dengan datangnya musim hujan. di satu sisi kontraktor nggak perlu repot-repot nyiramin jalan biar nggak ngebul. di sisi lain, banjir lumpur pakdeeee. mantap pokoke dalane. lha kalo proyeknya di garap pas musim kering, ngebul juga. serba salah. yowes mau dikerjakan kapanpun yang penting proyek segera selesai. jalur kereta makin lancar, jalanan juga bebas lumpur, pengguna kereta juga makin maknyoss. gimana nggak, perjalanan bisa lebih cepet pastinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar