Kamis, 07 Januari 2016

MEMBUAT NOMOR POKOK WAJIB PAJAK (NPWP)

seberapa penting sih NPWP?. jawabannya penting nggak penting si ya. soalnya kalo penghasilan kurang dari 3jt katanya nggak perlu lah bikin NPWP. tapi nggak apa-apa juga kalo mau bikin. sekedar artikel hiburan. mau share pengalaman saya bikin NPWP. bukan sok-sokan tapi karena emang di suruh bikin. hiksss....

pertama datang ke Kantor
Pajak di kota kamu / KPP Pratama. langsung masuk saja ke dalem. nggak usah ketok pintu, nanti di bukain kok sama satpamnya.

trus ngomong aja ke satpamnya, mau bikin NPWP. trus sebutin pekerjaan sampean. kalo karyawan biasanya tinggal isi blangko saja. kalo wiraswasta harus punya SIUP dulu. jangan lupa kalo anda berprofesi sebagai karyawan harus tau alamat dan nomor telepon tempat kerja anda. kalo belum tau pulang dulu ke kantor atau tanya ke temen kantor.

isi blangko dengan sejujur-jujurnya. terutama soal gaji, harus jujur. jangan sok-sokan contreng gaji gede. ntar menderita sendiri.


 jangan lupa fotocopy KTPnya ya. setelah semua syarat siap barulah ambil nomor antrian. habis itu antri ya.


selanjutnya, nomor antrian kamu di panggil. ingat, yang dipanggil nomornya bukan nama kamu. jadi jangan nunggu sambil tidur.

setelah semua selesai nantinya NPWP akan dikirim via POS. jadi setelah menyerahkan blangko nggak perlu ditunggu. ditinggal saja. selesai.

kalo ada yang nggak punya waktu buat mampir ke KPP terdekat saking sibuknya sampe-sampe makan aja nggak sempet. bisa kok daftar via online.
caranya cukup buka web https://ereg.pajak.go.id/login

setelah itu buat akun. dan ikuti petunjuk selanjutnya.
last, jangan suka kritik pemerintah kalo belum taat pajak. ya pora broo. kalo sudah punya NPWP, bayar pajak tepat waktu, barulah boleh protes dan mengeluh sama pemerintah. dan tentunya pemerintah juga wajib menanggapi dan menangani keluhan dari warganya yang taat. nek tetep mbudek, gasaki rame-rame...hhhhh.

1 komentar: