Selasa, 17 November 2015

CARA SABLON KAOS

kali ini kita akan membahas kerjaan sampingan saya. nyablon!. nggak salah om?. nggak !. sebenernya kerjaan kamu apa sih om?. kerjaan saya analis kesehatan. tapi kok nyablon?.



saya emang nggak bisa diem kalau udah penasaran sama suatu kerjaan yang sepertinya menarik. berawal dari kebiasaan ngeband bareng temen komplek. yang akhirnya berujung pada mimpi punya kaos band, dan jual merchadise band kita dalam bentuk kaos dan aksesoris sablon lainnya. membuat saya tertantang mencoba dunia sablon. walaupun band saya nggak tenar-tenar.

meskipun sudah di sibukkan dengan kerjaan saya di laborat tetapi kalo sudah niat kadang saya suka nekat. modal uang 50ribu perak saya belanja peralatan sablon.

alat-alat yang di butuhkan untuk
menyablon sangatlah sederhana.
1. semprotan air (biasanya dipake buat mandiin burung)
2. Screen
3. rakel
4. obat afdruk
5. film (pake kertas HVS saja)
6. cat rubber atau kalau mau bagus sekalian pake plastisol
7. heat press (kalo nggak punya pake setrikaan aja boss)
8. hot gun (kalo yang ini juga nggak ada pake hair dryer'nya istri/ibu kamu juga oke)
9. lakban
10. minyak goreng, yang ini harus pake jelantah bekas goreng teri, harus loh ya ! (wkwk...becanda, yg penting minyak goreng)

selain alat diatas tadi, alat pendukung yang sangat diperlukan adalah.
1. matahari, yang satu ini wajib. karena kalo belum punya meja afdruk atau belum mahir mengatur tata lampu yang baik hasilnya bakal berantakan.
2. ruangan yang gelap. atau remang-remang sudah cukup. yang penting jauh dari cahaya lampu/matahari.
3. kain hitam, bisa pake kaos kamu yang udah sobek atau beli di toko kain (yang ini niat banget)

oke, persiapan selesai. saatnya masuk tahap sablon. next artikel ya. mau siap-siap pulang dulu.

1 komentar: