Rabu, 10 Februari 2016

MITOS BUAH BERBAHAYA BAGI PENDERITA DIABETES

kadang banyak pasien penderita diabetes yang bertanya kepada saya. katanya mereka sampe takut makan buah gara-gara diberi tau kalo kandungan gula dalam buah itu sangat tinggi. lantas karena merasa itu bukan bidang saya. biasanya saya langsung menyarankan agar berkonsultasi ke Ahli Gizi. yah, soalnya nggak jarang saya kena omel istri saya kalo sampe berani ngasih diit penderita diabetes.

maklum, istri saya seorang Ahli Gizi. jadi suka sewot kalo saya sok tau seputar diit. ini juga sebenarnya pelajaran buat tenaga kesehatan lain. agar jangan suka sok tau mengenai ilmu profesi lain. karena itu bukan bidang kita. termasuk dokter sekalipun. ingat, dunia kesehatan sudah mempunyai tenaga profesionalnya masing-masing. jadi jangan suka sok tau seputar ilmu dari profesi lain ya. saya mau nulis ini saja paling nggak minta pendapat istri dulu nih. hahaha...

oke, kembali ke pokok permasalahan. apakah buah berbahaya bagi penderita diabetes?.
karena konon menurut mitos yang menyebar di masyarakat awam. buah itu manis, jadi kalo manis pasti kandungan gulanya tinggi. kalo gulanya tinggi berarti berbahaya bagi penderita diabetes. yup, itulah sekelumit ilmu terawangan yang secara alami dimiliki oleh orang-orang indonesia. mereka tidak butuh riset dan tidak mau tau seperti apa yang benar.

memang, setelah makan buah gula darah kita akan meningkat. tetapi akan turun dalam beberapa saat. dan itu tidak hanya buah, semua makanan yang kita makan dapat memicu meningkatnya kadar gula dalam darah. yang terpenting adalah seberapa cepat gula darah itu kembali normal.

perlu kita tau, buah adalah salah satu makanan yang paling mudah dicerna. semakin cepat makanan dicerna maka gula akan lebih cepat diserap dan diedarkan ke seluruh tubuh. jadi kemungkinan untuk kembali normal pun lebih cepat. karena gula dalam buah adalah gula sederhana yang mudah dipecah. akan berbeda jika yang kita makan adalah nasi. nasi dicerna lebih lambat daripada buah. nasi memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. dimana karbohidrat jika dipecah akan menjadi gula. itulah mengapa penderita diabetes dibatasi dalam mengkonsumsi nasi dan makanan yang tinggi karbohidrat.

jadi, sekalipun makan buah meningkatkan kadar gula darah, ini sama sekali tidak buruk untuk tubuh kita. sepanjang gula darah tidak terus meningkat. namun ada beberapa buah yang memang memiliki kandungan lemak tinggi. seperti buah alpukat.

mari banyak makan buah, dan ingat makanlah secara teratur dan porsi secukupnya. makanan mentah atau makanan kehidupan "living food" adalah makanan yang mengandung berbagai enzim kehidupan (makanan dari hasil fotosintesis) yang tidak dipanaskan lebih dari 45derajat celcius. daging tidak termasuk karena sudah tidak lagi mengandung enzim kehidupan.

makan buah dan terapkan gaya hidup sehat agar tubuh tetap bugar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar