Jumat, 05 Februari 2016

KAPAN INDONESIA MAJU?

bukan tanpa alasan. masalahnya hampir di semua bidang kita doyan gontok-gontokan. saling menebar syirik. susah liat orang seneng dan seneng liat orang susah. apalagi kalo ngeliat blog otomotif. khususnya motor beuh, rasanya kaya ngeliat neraka saja.

banyak yang memuja-muja produk tertentu, banyak yang menghujat dan tidak sedikit yang justru anti terhadap produk tertentu. ada beberapa orang berkomentar kalo orang yang memakai produk jepang itu nggak nyadar kita lagi dijajah. memang nggak salah, tapi apa lantas kita harus benci dengan produk jepang?. kenapa kita nggak belajar dari jepang?. kemudian melampaui mereka?. ya, cuma omdo saja.


di negara kita banyak orang yang "merasa" dirinya kreatif. modifikasi segala sesuatu yang dibikin pabrikan. untuk membuat produk sendiri saya yakin SDM indonesia sudah lebih dari cukup. tetapi sayangnya hanya cukup untuk tenaganya saja. karena kebanyakan yang bermulut besar itu nggak tau sepenuhnya yang namanya ilmu pasti dari sebuah teori produk apalagi otomotif. otak kita tersugesti dengan semboyan, "yang penting prakteknya, teori nggak penting". padahal untuk membuat barang sederhana saja pabrikan sudah melakukan riset. perhitungan yang matang. sementara di sini

anak-anak motor yang gemar drag bahkan melakukan modifikasi mesin hanya modal kira-kira. setelah lulus STM buka bengkel, modifikasi mesin, setelah itu sudah merasa puas. hanya sedikit yang ingin sekali menggali ilmu lebih jauh agar benar-benar menguasai ilmu yang jelas. bukan prakiraan dan aji pangawuran. lebih banyak yang modifikasi asal-asalan. nambah CC secara kira-kira. tidak ada yang namanya perhitungan. sekalipun ada ya, cuma perhitungan sederhana. setelah bisa melakukan semua itu mereka sudah "merasa" bisa menilai mana motor yang bagus dan jelek. serta sudah merasa pantas menghina motor yang dianggap jelek. padahal masih terlalu sedikit yang mereka tau. kebanyakan dari kita merasa terlalu cepat berpuas diri sehingga dengan mudahnya menyepelekan orang lain dan menganggap orang lain lebih bodoh. bahkan pabrikan besar pun dianggap bodoh.

modifikasi dan membuat produk itu mempunyai gap yang sangatttt jauhhhh. setelah puas dengan semua itu, pertanyaannya apa yang kamu hasilkan?. produk yang lebih baik?. bukan. hanya sekedar modifikasi. yang partnya bisa dibeli siapa saja, dimana saja, yang nantinya semua sama-sama bisa. nggak ada yang istimewa. bahkan kebanyakan cuma modifikasi murahan yang lebih cocok di bilang mrotoli atau ngrusak motor. setau saya sih yang amatir ini, modifikasi itu seni. tapi seni seperti apa?. modifikasi yang bagus ya membuat sesuatu yang biasa menjadi tidak biasa. dengan KONSEP yang jelas, perhitungan matang, dan imajinasi tinggi. bukan sekedar mengubah sesuatu menjadi terlihat berbeda.

beruntung, di bidang elektronik, multimedia, IT, kita sedang mengalami perkembangan yang cukup baik. banyak pemuda di bidang tersebut yang sangat jeli melihat kesalahan kecil kemudian memperbaiki. membuat karya baru. meskipun pemerintah masih budek dengan kreatifitas anak bangsa. walaupun perselisihan tetap ada tetapi perkembangannya lebih baik.

beda jauh dengan otomotif yang isinya gontok-gontokan antar sales sampah, sampai ABG yang bikin club motor abal-abal, doyan ribut dijalan.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar