Rabu, 10 Februari 2016

6 LANGKAH CUCI TANGAN YANG BENAR



Untuk anda yang masih jarang cuci tangan. Mulai sekarang ayo lebih rajin lagi cuci tangan. Karena dengan cuci tangan kita telah melakukan pencegahan dini dari berbagai macam penyakit yang disebabkan kuman. Dengan begitu kita telah menjaga diri sendiri dan orang-orang sekitar kita dari penyebaran berbagai macam kuman penyebab penyakit menular. Tapi apakah cara cuci tangan anda sudah benar?. Ada cara jitu untuk bisa dengan mudah memahami bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar. 

Selalu ingat, “TEPUNG SELACI JEMPUT BIBI”. Apa itu?, mari baca penjelasannya.


11.    Pertama tuang sabun secukupnya.
22. TE yang pertama adalah TEpuk.
Bersihkan telapak tangan dan sela-sela antara jempol dan telunjuk bagian dalam, kanan dan kiri minimal masing-masing 4x.
33.       PUNG atau PUNGgung
Bersihkan Punggung tangan sekaligus sela-sela jari kanan dan kiri minimal masing-masing 4x.
44.     SELA atau SELA-sela
Bersihkan sela-sela jari bagian dalam minimal sebanyak 4x
55.    CI atau kunCI
Bersihkan ujung-ujung jari dengan menjepit antara tangan satu dengan yang lain geser-geser minimal sebanyak 4x
66.    JEM atau JEMpol
Sebenarnya bukan Jempol yang dibersihkan, lebih tepatnya sela-sela antara jempol dan jari telunjuk bagian luar. Genggam jempol salah satu tangan dengan jempol tangan lain berada di sela-sela jempol dan telunjuk tangan satunya. Putar-putar minimal sebanyak 4x
77.    PUT atau PUTar
Bentuk jari menjadi seperti kuncup kemudian letakkan ujung-ujung jari ke telapak tangan satunya kemudian putar berlawanan arah jarum jam agar jari kelingking ikut tercuci. Putar minimal sebanyak 4x.
88.    BIBI atau Bilas dengan air BersIh
Bilas tangan menggunakan air bersih hingga benar-benar bersih. Jangan lupa, jika memungkinkan tutup keran menggunakan Siku agar tangan yang telah dicuci tidak kotor lagi. Akan lebih baik lagi jika kita mempunyai keran yang bisa dibuka tutup menggunakan injakan kaki.

Kapan waktu yang tepat untuk mencuci tangan?
1. Sebelum makan
Sebelum anda makan merupakan waktu yang tepat untuk mencuci tangan menggunakan sabun, tidak hanya air. Anda tidak akan pernah tahu kondisi kebersihan tangan anda, apalagi jika anda dalam sehari-hari menggunakan tangan anda menyentuh sesuatu yang digunakan oleh umum seperti tombol lift, gagang pintu, keran air dan sebagainya.

2. Sehabis buang air besar
Untuk hal yang ini sudah pasti harus anda lakukan. Walaupun anda menggunakan tisue atau keran air untuk kegiatan ini saran kami tetap lakukan kegiatan cuci tangan menggunakan sabun karena untuk menjamin kebersihan tangan anda.

3. Sebelum menyusui
Khusus untuk ibu-ibu menyusui, sebelum memberikan air susu ibu kepada anak anda lakukan kegiatan cuci tangan terlebih dahulu. Dalam kegiatan menyusi sudah pasti akan ada sentuhan antara tangan anda dengan bayi anda. Kondisi bayi tidak sekuat orang dewasa dalam pertahanan kesehatan, sehingga ditakutkan jika bersentuhan dengan kuman akan membuat bayi menjadi sakit.

4. Sebelum menyiapkan makanan
Bagi ibu-ibu yang akan menyiapkan makanan untuk keluarga juga harus mencuci tangan dengan sabun terlebih dahulu. Kegiatan menyiapkan makanan ini tidak hanya pada proses menyiapkan makanan di meja akan tetapi pada tahap awal memasak juga harus mencuci tangan terlebih dahulu.

5. Setelah bersentuhan dengan hewan
Bagi anda pencinta binatang yang memiliki peliharan, jangan lupa untuk selalu mencuci tangan setelah anda melakukan aktifitas dengan hewan anda. Walaupun anda juga selalu menjaga kesehatan dan kebersihan hewan peliharaan anda, anda tetap harus selalu menjaga dengan melakukan cuci tangan sebelum melakukan kegiatan lain.

Akan lebih baik jika kita membiasakan diri mencuci tangan ketika akan beraktivitas dan sesudah beraktivitas. Karena kuman dapat berada dimanapun. Jangan lupa mengajari anggota keluarga anda agar mereka juga dapat terhindar dari resiko terkena penyakit yang disebabkan kuman karena kita malas menyebarkan kebiasaan baik yang sederhana dengan mencuci tangan. Ayo mulai dari diri sendiri, ubah kebiasaan dan mulai bertindak karena tidak ada yang lebih berharga dari nikmat hidup sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar